Yuk Mengenal Makna Ritual Kendi yang Dilakukan Jokowi dengan 34 Gubernur Indonesia

- 15 Maret 2022, 07:17 WIB
Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara  di titik nol IKN Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa gubernur se-Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Sebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Presiden Joko Widodo menggelar seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol IKN Nusantara dengan mengumpulkan 34 tanah dan air yang dibawa gubernur se-Indonesia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww. /Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

EDITORNEWS.ID - Presiden RI Jokowi baru saja melakukan ritual Kendi Nusantara pada hari ini Senin, 14 Maret 2022 kemarin bersama 33 Gubernur se Indonesia.

Dalam ritual kendi ini para Gubernur antar provinsi diminta membawa satu liter air dan tanah dari daerah yang mereka pimpin.

Setelah melaksanakan ritual kendi ini Jokowi dan 5 Gubernur lainnya melakukan
Kemah dan menginap di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Kegiatan berkemah itu merupakan salah satu dari rangkaian agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi ke IKN.

Baca Juga: Setelah BBM, Kini Harga Avtur yang Naik, Siap - siap Tiket Pesawat Bisa Lebih Mahal

Dalam ritual kendi tersebut para Gubernur antar provinsi diminta untuk menggabungkan tanah dan air ke dalam kendi sebagai wadahnya.

Prosesi ritual kendi ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Santoso

"Prosesinya para gubernur membawa tanah dan air dari masing-masing wilayah dimana diambil dari titik lokasi yang tentunya sesuai dengan kearifan lokal dan budaya masing-masing," katanya.

Penggabungan tanah dan air merupakan sebagai bentuk simbolis dari kalimat tanah air yang melekat pada Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Sosok Grace Tahir, Keturunan Konglomerat yang Sindir Crazy Rich Palsu, Indra Kenz

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x