Kemendikbud Ingin Wujudkan Pelajar Indonesia Menjadi Pelajar Pancasila

- 3 Desember 2020, 17:05 WIB
Ilustrasi sekolah inovatif
Ilustrasi sekolah inovatif /Instagram.com/@nadiemmakarim

EDITORNEWS - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui sejumlah program yang diselenggarakan, mulai dari Belajar dari Rumah yang disiarkan TVRI, maupun program-program lainnya, seperti webinar, nonton bareng dan lain-lain.

Lebih lanjut, Kemendikbud juga akan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui profil Pelajar Pancasila.

“Melalui profil Pelajar Pancasila akan mampu menghasilkan generasi muda yang bisa menghadapi tantangan global dan Revolusi Industri 4.0,” ujar Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud  Hendarman, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Terpaksa Ganti Luhut Binsar Panjaitan

Menurut nya, pengembangan SDM unggul, harus bersifat holistik dan tidak berfokus kepada kemampuan kognitif saja.

Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Baca Juga: Walikota Bekasi : Berlibur Akhir Tahun Wajib Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

Pelajar Pancasila, kata dia, merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Hendarman mendorong agar nai-nilai karakter Pancasila perlu ditanamkan pada diri siswa sedini mungkin karena nilai-nilai tersebut merupakan nilai luhur bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x