Jadwal Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikabarkan Tidak Jadi Meluncur Agustus

- 8 Juni 2023, 12:56 WIB
Kereta cepat
Kereta cepat /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dilaporkan tidak dapat beroperasi perdana pada Agustus 2023 mendatang. Kabar mundurnya jadwal luncur KCJB dari target yang ditentukan pemerintah disebutkan karena adanya masalah baru.

Dilansir dari Reuters Kamis (8/6), dalam sebuah dokumen Laporan 'Progress Update' tertanggal 14 Mei 2023, Kementerian Perhubungan dan tiga konsultan menolak rencana konsorsium untuk memulai operasi komersial penuh proyek senilai Rp131 triliun pada Agustus nanti.

Penolakan tersebut lantaran peserta konsorsium China menginginkan sertifikat kelayakan operasi penuh untuk jalur tersebut, meski stasiun tidak lengkap atau belum rampung semua pengerjaannya.

Sementara itu, Kemenhub dan konsultan menyarankan operasi penuh KCJB dimulai pada Januari 2024 dan tidak jadi beropasi pada bulan Agustus 2023.

Baca Juga: Roket Raksasa Misi Perjalanan ke Mars Milik Elon Musk Meledak Setelah 4 Menit Meluncur

"Ada risiko target operasi komersial pada Agustus bisa tertunda untuk menyelesaikan semua konstruksi pada 31 Desember," tulis laporan itu.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pengoperasian KCJB dipastikan akan beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatangkan

Perihal dengan tingkat suku bunga pinjaman pembengkakan biaya proyek Kereta cepat Jakarta-Bandung, Luhut mengatakan hal itu akan segera selesai.

Adapun saat ini suku bunga pinjamam Kereta cepat Jakarta-Bandung masih di angka 3,4 persen. Oleh karenaya pemerintah Indonesia masih melakukan negosiasi untuk dapat menurunkan tingkat suku bunga ke posisi angka dua persen.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x