Hyundai Grup Motor Kembangkan Robot Pengisi Daya Mobil Listrik Otomatis

- 2 April 2023, 22:45 WIB
Ilustrasi robot pengisi daya otomatis mobil listrik
Ilustrasi robot pengisi daya otomatis mobil listrik /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Grup Hyundai Motor kembangkan robot pengisi daya baterai mobil listrik atau automatic charging robot (ACR) dengan harapan memudahkan para pengguna mobil listrik atau EV Hyundai dan Kia.

ACR merupakan robot pengisi daya satu lengan yang bisa menghubungkan kabel pengisi daya secara otomatis ke port kendaraan EV dan melepasnya kembali setelah baterai kendaraan listrik penuh.

Hyundai memperkenalkan robot tersebut melalui video versi CGI yang dirilis pada Juli tahun lalu.

Video diawali dengan adegan mobil Hyundai IONIQ 6 parkir di tempat pengisian daya EV, kemudian ACR berkomunikasi dengan kendaraan untuk membuka port pengisian daya.

Robot kemudian mengambil pengisi daya dan menyambungkan ke port pengisian mobil, sehingga proses pengisian daya berlangsung. Setelah indikator daya mobil penuh, ACR melepas pengisi daya dan mengembalikannya ke tempat semula. Selain itu robot tersebut juga menutup port pengisian kendaraan secara otomatis.

Baca Juga: Breaking News! Pembalap Legendaris Irwan Ardiansyah Wafat

"ACR akan membantu membuat pengisian daya EV menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama di lingkungan yang gelap. Ini juga akan meningkatkan aksesibilitas, terutama bagi orang-orang dengan hambatan mobilitas, karena kabel pengisi daya menjadi lebih tebal dan lebih berat untuk memungkinkan pengisian daya berkecepatan tinggi," kata Kepala Lab Robotika Hyundai Motor Group Dong Jin Hyun dilansir dari pernyataan resmi perusahaan.

Dong Jin Hyun menyatakan bahwa Grup Hyundai berkomitmen akan terus mengembangkan tingkat keamanan dan kenyamanan dari robot ACR, sehingga para pengguna EV dapat memanfaatkannya di stasiun pengisian daya.

Lab Robotika Grup Hyundai kini tengah mempertimbangkan beragam variabel dalam pengembangan produknya, seperti lokasi parker kendaraan, cuaca, potensi hambatan, berat kabel pengisi daya, dan bentuk port pengisian daya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x