Main di Kualifikasi Euro, Zlatan Masuk Jajaran Pemain Tertua

- 25 Maret 2023, 14:07 WIB
Zlatan Ibrahimovic jadi salah satu pemain tertua yang main di ajang kualifikasi Euro
Zlatan Ibrahimovic jadi salah satu pemain tertua yang main di ajang kualifikasi Euro /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Swedia menjamu Belgia dalam laga kualifikasi Euro 2024 Grup F. Tuan rumah harus kalah dengan skor memalukan, 0-3. Namun dalam laga itu ada satu catatan menarik dari pemain seniornya, Zlatan Ibrahimovic.

Zlatan kembali dipanggil ke timnas Swedia setelah sekian lama tak memainkan laga internasional. Pelatih Swedia Janne Anderson mengungkapkan alasannya memanggil Zlatan adalah karena peran krusialnya di AC Milan. Menurutnya, Zlatan mampu menjadi striker cadangan yang memberikan gol-gol penting saat tim membutuhkannya.

“Zlatan telah tiga kali tampil sebagai pemain pengganti untuk durasi bermain yang lama di Milan, dan ia merasa bugar serta berada dalam kondisi yang baik bahkan meski ia telah absen beberapa saat,” ujar Janne Andersson kepada media.

Pemanggilan Zlatan ke timnas ini menghadirkan rekor tersendiri bagi sang pemain. Zlatan sebelumnya diklaim sebagai pemain tertua yang main di kualifikasi Euro, mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh kiper legendaris Italia, Dino Zoff dengan 41 tahun dan 91 hari. Zlatan sendiri berusia 41 tahun dan 172 hari saat membela Swedia tadi malam.

Baca Juga: Jadi Kapten, Mbappe Sukses Pimpin Prancis Bantai Belanda

Namun ternyata rekor ini keliru. Dijelaskan oleh Squawka, Zlatan bukanlah pemain tertua yang bermain di kualifikasi Euro. Ada satu pemain lain yang usianya lebih tua dari Zlatan dan bermain di kualifikasi Euro juga, yakni Lee Casciaro.

Casciaro bermain untuk Gibraltar, pada waktu yang sama dengan laga Swedia vs Belgia mulai dimainkan. Casciaro bermain sejak menit awal.
Casciaro sendiri berusia 41 tahun dan 176 hari, tiga hari lebih tua dari Ibrahimovic. Itu artinya, Zlatan bukanlah pemain tertua, namun masuk jajaran yang paling tua yang memainkan kualifikasi Euro.

Torehan Ibrahimovic bersama Swedia harus diakui sebagai hal yang spesial. Tak banyak pemain pada usianya yang masih bermain di top level. Hanya saja, pada momen spesial itu, Ibrahimovic justru tenggelam oleh sinar Romelu Lukaku.

Swedia dipermalukan Lukaku dengan tiga gol nya. Bermain di hadapan publik sendiri, Zlatan cs tak mampu berbuat banyak dan menyerah atas Belgia. Hasil ini membuat Swedia terpuruk di dasar klasemen sementara Grup F dengan belum mengoleksi satu pun poin.***

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x