Tersingkir dari Liga Europa, Saatnya Arsenal Fokus Amankan Gelar Liga Inggris ?

- 17 Maret 2023, 15:33 WIB
Arsenal tersingkir dari UEL setelah kalah dalam babak adu penalti dari Sporting CP
Arsenal tersingkir dari UEL setelah kalah dalam babak adu penalti dari Sporting CP /

EDITORNEWS.ID – Arsenal harus menerima kenyataan pahit setelah tersingkir dari ajang Liga Europa (UEL). Bermain di Emirates Stadium dini hari tadi, The Gunners harus mengakui keunggulan Sporting CP lewat babak adu penalti. Hal ini membuat harapan Arsenal untuk mengawinkan gelar UEL dengan Liga Inggris pupus sudah.

Arsenal sebetulnya tampil cukup baik. The Gunners bahkan unggul lebih dulu di menit ke-19 lewat Granit Xhaka. Xhaka sukses menceploskan bola rebound Gabriel Martinelli yang ditepis Antonio Adan. Arsenal memimpin 1-0 hingga babak pertama usai.

Tertinggal agregat, Sporting coba bermain lebih menyerang di babak kedua. Hasilnya, gol penyeimbang hadir pada menit 62. Pedro Goncalves menjebol gawang Arsenal dengan gol spektakulernya.

Mendapat bola dari dekat garis tengah lapangan, Pedro langsung melepaskan tembakan jauh ke arah gawang Arsenal. Aaron Ramsdale yang sedang keluar sarangnya pun tak sanggup menghalau bola. Bola melewati jangkauan Aaron Ramsdale dan meluncur masuk ke dalam gawang. Skor pun jadi sama kuat, 1-1.

Baca Juga: Menang dalam Dua Leg, Manchester United Lolos Meyakinkan ke Perempat Final Liga Europa

Hingga waktu normal berakhir, skor tidak berubah. Arsenal sebetulnya unggul agresivitas gol tandang karena mencetak 2 gol saat leg pertama di kendang Sporting. Namun karena aturan gol tandang dihapuskan mulai musim ini, maka keuntungan itu tak bisa didapatkan lagi. Alhasil, laga harus dilanjutkan ke babak extra time.

Pada babak extra time, Arsenal punya peluang matang pada menit ke-97 lewat Leandro Trossard yang memanfaatkan kesalahan umpan pemain Sporting. Pemain asal Belgia ini melepaskan tendangan kaki kanan, tetapi sayangnya bisa digagalkan oleh Adan dengan tangan kanannya.

Bola sempat berhasil lolos dari tepisan tersebut, tetapi membentur tiang kanan gawang Sporting. Paruh pertama extra time pun berakhir tanpa gol.

Di paruh kedua extra time, laga masih berjalan alot. Kedua tim sama-sama kesulitan mencetak gol. Petaka kemudian datang bagi Sporting yang harus bermain dengan 10 pemain. Manuel Ugarte mendapat kartu kuning kedua usai tekelnya kepada Bukayo Saka. Arsenal punya keunggulan jumlah pemain, namun hal itu tak lantas membuat The Gunners bisa mencetak gol dengan mudah.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x