Yakin Dijamin Aman, Ini Tujuan Pemerintah Sediakan Fasilitas Penitipan Paspor Jemaah Haji asal Indonesia

- 28 Mei 2023, 19:36 WIB
Paspor Indonesia
Paspor Indonesia /editornews.id/

EDITORNEWS.ID – Setiap tahun, jemaah haji Indonesia selalu di suguhkan dengan fasilitas yang luar biasa oleh Pemerintah Indonesia yang bekerja sama dengan pemerintah Arab Saudi.

Untuk pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini, fasilitas baru yang akan dirasakan oleh jemaah haji Indonesia adalah setiba di Arab Saudi akan diminta paspornya oleh petugas ntuk menghindari paspor hilang.

Namun, jemaah tak perlu khawatir. Paspor tersimpan baik di Muassasah Adillah, perwakilan otoritas Arab Saudi yang khusus mengurus penyimpanan paspor.

Semua paspor yang di titipkan sudah dijamin keamananya karena sudah mennggunakan sistem penyimanpanan semua terdata dan terjamin.

Baca Juga: Viral Mario Dandy Pasang Borgol Kabel Ties Sendiri, Polisi: Itu Hasil Editan

"Saya pastikan aman meski paspor tak dipegang jemaah," ungkap Kasir Layanan Keberangkatan dan Kepulangan Daker Madinah, Cecep Nurmansyah, dikutip Minggu (28/5).

Fasilitas penyimpanan paspor ini dilakukan untuk menghindari kehilangan paspor jemaah yang kerap terjadi selama ibadah haji dan umrah dan berkaitan dengan pelayanan haji.

Selanjutnya, menurut Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul) Daerah Kerja Madinah Cecep Nursyamsi, ada tujuan khusus dari pengumpulan paspor jemaah haji.

Pertama, untuk proses input data jemaah sebelum masuk ke Makkah. Jemaah haji Indonesia akan berada di Madinah selama sekitar sembilan hari. Setelah itu, mereka akan diberangkatkan ke Makkah untuk menjalani prosesi ibadah haji.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x