Kemenparekraf Beri Apresiasi Film “Jiwa Jagad Jawi” atas Peraihan Gold Award ITFFA 2023

- 15 Mei 2023, 20:34 WIB
Perwakilan film "Jiwa Jagad Jawi" saat menerima penghargaan Gold Award dalam ITFFA 2023 kategori Tujuan Wisata - Regional, Internasional, Sabtu, 6 Mei 2023 di Cape Town, Afrika.
Perwakilan film "Jiwa Jagad Jawi" saat menerima penghargaan Gold Award dalam ITFFA 2023 kategori Tujuan Wisata - Regional, Internasional, Sabtu, 6 Mei 2023 di Cape Town, Afrika. /editornews.id/


EDITORNEWS.ID – Kementerian dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) berikan apresiasi film tanah air “Jiwa Jagad Jawi” yang berhasil memperoleh penghargaan Gold Award dalam ITFFA 2023.

International Tourism Film Festival Africa (ITFFA) merupakan salah satu ajang perfilman ternama yang memfokuskan betapa pentingnya promosi pariwisata, baik di Afrika mupun di seluruh dunia.

Film tanah air “Jiwa Jagad Jawi” merupakan film produksi dari Wonderful Indonesia dan disutradarai oleh Ivan Handoyo. Indonesia menperoleh penghargaan Gold Award pada kategori Tujuan Wisata – Regional, Internasional.

Para juri dari ITFFA sendiri adalah seorang profesional internasional dari bidang pariwisata, pemasaran, dan industri film. Mereka menilai sebuah karya dari beberapa kriteria, antara lain dampak, kreativitas, gaya, subjek, suara, penceritaan, dan efektivitas sasaran.

Baca Juga: Keren! Jokowi Ajak Pemimpin ASEAN Naik Kapal Pinisi untuk Suasana Rileks

Dalam penghargaan tersebut terdaat 378 film dari 59 negara yang berlomba untuk memperebutkan Gold Award.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan bahwa film “Jiwa Jagad Jawi” bercerita tentang tahapan kehidupan manusia yang telah tergambar pada relief Candi Borobudur dan digunakan sebagai kitab universall kehidupan manusia.

Relief yang terukir di Candi Borobudur menggambarkan tentang pedoman hidup manusia, yang tidak terikat pada sau agama dan kepercayaan dalam perjalanan mencari kedamaian agung dalam historical budaya tanah jawa.

Sandiaga mengatakan bahwa penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi penanda promosi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia semakin mendunia dan teramplifikasi. Selain itu, pencapaian tersebut juga diharapkan dapat memacu peningkatan sektor parekraf tanah air.

Baca Juga: Jokowi Usung di KTT ASEAN Secara Khusus Menekankan Pemberantasan Perdagangan Manusia

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x