Menuju Indonesia Maju: Pemerintah Semakin Berkomitmen untuk Mengutamakan Renewable Energy

- 25 Maret 2023, 00:11 WIB
Penanganan perubahan iklim di Indonesia membuat negara ini berkomitmen untuk mengurangi karbon menjadi nol bersih pada tahun 2060
Penanganan perubahan iklim di Indonesia membuat negara ini berkomitmen untuk mengurangi karbon menjadi nol bersih pada tahun 2060 /

EDITORNEWS.ID - Penanganan perubahan iklim di Indonesia membuat negara ini berkomitmen untuk mengurangi karbon menjadi nol bersih pada tahun 2060.

Sebuah tujuan ambisius, namun sangat menjanjikan dan akan membuat perusahaan listrik milik negara PT PLN dalam perjalanan untuk menjadi perusahaan energi bersih.

Menurut PLN, yang memegang monopoli sektor tenaga listrik negara, pihaknya akan memperluas kapasitas listriknya dengan teknologi bersih, dengan pangsa energi terbarukan diperkirakan akan meningkat dari 32 persen pada 2030 menjadi 69 persen pada 2060.

Berbicara pada Japan RE Invest Indonesia 2023 di Tokyo, Direktur Transmisi dan Perencanaan Sistem PLN Evy Haryadi memaparkan strategi PLN untuk mendukung pemerintah dalam mencapai target Net-Zero Emission (NZE) 2060, yang terdiri dari implementasi berkelanjutan dari inisiatif transisi energi yang bertujuan untuk beralih dari pembangkit listrik karbon tinggi dan memungkinkan pertumbuhan yang didukung oleh teknologi baru.

Baca Juga: Memupuk Kerjasama ASEAN: Presiden Jokowi Akan Meneyelidiki Aset Haram Koruptor di Luar Negeri

Di bawah tujuan jangka pendek PLN, inisiatif transisi energi perusahaan meliputi pengembangan energi terbarukan.

Proyek de-dieselisasi, pensiunnya pembangkit listrik tenaga batu bara dan pembakaran bersama biomassa, yang menurut Haryadi, merupakan bisnis besar berbasis masyarakat karena PLN akan membutuhkan sekitar 14 miliar ton produk biomassa.

Tujuan jangka panjang PLN merupakan inisiatif transisi energi, seperti pemanfaatan dan penyimpanan penangkapan karbon (CCUS), kombinasi energi terbarukan, penyimpanan dan interkoneksi baterai, serta co-firing hidrogen, yang membuat PLN berkolaborasi dengan pabrikan Jepang Mitsubishi.

Pengembangan teknologi pendukung yang terdiri dari kendaraan listrik, atap surya, dan skema perdagangan emisi juga merupakan bagian dari pendekatan PLN untuk mencapai target NZE 2060.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x