Berikut 4 Presiden Indonesia Yang Lahir di Bulan Juni, Termaksud Jokowi

- 21 Juni 2022, 17:42 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-61, dirayakan bersamaan acara Haul Bung Karno, potongan tumpeng pertama ia berikan untuk Megawati.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-61, dirayakan bersamaan acara Haul Bung Karno, potongan tumpeng pertama ia berikan untuk Megawati. /Dok PDIP

EDITORNEWS.ID - Sejarah mencatat semenjak indonesia merdeka telah memiliki 7 presiden yang telah memimpin Indonesia.

Dari tujuh presiden RI tersebut ada kesaman lahir di bulan Juni beberapa Presiden Republik Indonesia. Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini merayakan ulang tahun ke-61, selain Jokowi ada berberapa diantaranya.

Dan siapa saja Presiden RI yang berulang tahun di bulan ini, intip sedikit kisah mereka.

1. Soekarno
Bung Karno merupakan tokoh proklamator lahir pada tanggal 6 Juni 1901 dan meninggal pada 21 Juni 1970. Kedua orang tua Soekarno adalah Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibu Bali bernama Ida Ayu Nyoman Rai.

Baca Juga: Kenali Ciri Virus Corona Omicron BA.4 dan BA.5, Lebih Menular Dibanding BA.1 Segera Waspadai!

Proklamator kemerdekaan RI itu adalah sosok yang telah mengemukakan gagasan dasar negara yang ia sebut sebagai Pancasila pada 1 Juni 1945.

Semenjak masih Hollandsch-Inlandsche School (HIS) HIS merupakan sekolah dasar bagi pribumi yang didirikan oleh Belanda. Soekarno tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Kemudian, Soekarno melanjutkan pendidikan di HBS (Hoogere Burger School) dan THS (Technische Hoogeschool) yang sekarang merupakan ITB.

2. Soeharto

Presiden kedua Indonesia juga lahir di bulan Juni, tepatnya tanggal 8 Juni 1921. Dia lahir di Kemusuk, Yogyakarta dari pasangan Kertosudiro dan Sukirah. Soeharto masuk sekolah saat ia berumur delapan tahun. 

Perjalan pendidikan yang di lalui Soeharto saat SD sempat perpindah-pindah awalnya sekolah di SD Puluhan, Godean. Kemudian, dia pindah ke SD Pedes. Soeharto lantas pindah lagi ke Wuryantoro dan dititipkan ke adik perempuan ayahnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x