Rusia Tidak Main-Main Terkait Perjanjian New Star Nuklir dan Pengembanganya

- 1 April 2023, 08:16 WIB
Rusia menunda partisipasinya dalam perjanjian New Start
Rusia menunda partisipasinya dalam perjanjian New Start /

EDITORNEWS.ID - Rusia akan terus memberi tahu AS tentang peluncuran rudal balistiknya, meskipun Moskow menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian New Start, kata Wakil Menteri Luar Negeri Sergey Ryabkov.

Rusia menunda partisipasinya dalam perjanjian New Start – perjanjian nuklir terakhir yang tersisa dengan Washington – pada Februari.

Menjelaskan langkah the, Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa kesepakatan 2010 telah ditandatangani dalam keadaan yang berbeda, ketika Rusia dan AS tidak menganggap satu sama lain sebagai musuh.

Barat juga telah menolak permintaan Rusia untuk memeriksa fasilitas nuklir, meskipun ini diizinkan berdasarkan perjanjian, klaim Putin.

Berbicara tentang berbagi data antara Moskow dan Washington pada hari Kamis, 30 Maret 2023. Ryabkov menyatakan bahwa "semua jenis pertukaran informasi, serta elemen lain dari kegiatan verifikasi sesuai dengan New START, telah ditangguhkan."

Baca Juga: PBB Memastikan Perdamaian dan Kemakmuran Bagi Semua Orang untuk Generasi Mendatang

Namun, ia mencatat pengumuman oleh Moskow bahwa mereka akan "mematuhi pembatasan kuantitatif dasar yang ditetapkan dalam perjanjian New Start, dan akan terus menerapkan perjanjian 1988 tentang pertukaran pemberitahuan tentang peluncuran rudal."

Rusia akan melakukannya "karena niat baik," tambah Ryabkov. Perjanjian New Start membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dikerahkan oleh Rusia dan AS menjadi 1.550.

Ini juga membatasi kedua negara pada 800 peluncur rudal balistik antarbenua (ICBM) yang dikerahkan dan tidak dikerahkan, peluncur rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) dan pembom berat berkemampuan nuklir, serta 700 ICBM, SLBM, dan pembom strategis , serta 700 ICBM, SLBM, dan pembom strategis yang dilengkapi untuk membawa persenjataan nuklir.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x