Investasi Global Untuk Pengembangan Kecerdasan Buatan Mendapat Pukulan

- 27 Maret 2023, 06:42 WIB
Pendanaan tahun lalu dilaporkan turun lebih dari 30 persen
Pendanaan tahun lalu dilaporkan turun lebih dari 30 persen /

EDITORNEWS.ID - Pendanaan tahun lalu dilaporkan turun lebih dari 30 persen. Investasi dalam Kecerdasan Buatan (AI) telah menurun di seluruh dunia, anjlok 34 persen tahun lalu menjadi $45,8 miliar, laporan perusahaan analitik CB Insights.

Menurut analisisnya, penurunan tersebut secara langsung berkaitan dengan perlambatan pendanaan ventura yang lebih luas yang tercatat pada tahun 2022. Jumlah total kesepakatan AI juga turun untuk tahun ini sebesar 10 persen menjadi hanya 2.956.

Pendanaan sedikit rebound pada kuartal keempat, mencapai $9,3 miliar. Namun, jumlah kesepakatan terus menurun selama periode tersebut.

Laporan tersebut menyoroti bahwa, pada tahun 2022, jumlah total unicorn AI mencapai 166, dengan 34 tambahan baru. Jumlah putaran besar pada tahun 2022 anjlok dari rekor tertinggi tahun sebelumnya menjadi hanya 115, turun 39 persen.

Baca Juga: Turki dan Hongaria Keras Kepala: Biden Menyindir Mereka untuk KTT Demokrasi

Kesepakatan itu dilaporkan mewakili $ 21.8 miliar dalam pendanaan, turun 47 persen dalam jangka waktu tahunan.

"Eropa melawan tren yang lebih luas untuk aktivitas investasi AI," tulis CB Insights, mencatat bahwa kesepakatan AI di kawasan ini meningkat ke rekor 616 tahun lalu. Investasi di sektor ini, bagaimanapun, turun 9 persen menjadi $ 6,2 miliar.

"Inggris mendorong banyak kegiatan, terhitung 48 persen dari pendanaan AI Eropa dan 32 persen dari kesepakatannya pada tahun 2022," kata laporan tersebut.

Rekor perlambatan dalam pendanaan modal ventura global terjadi lebih cepat untuk startup AI karena tekanan ekonomi makro yang telah membebani startup teknologi mulai mempengaruhi investor yang mendukung industri.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x