Bill Gates Mendanai Penanganan Global Seperti Pandemi untuk Mencegah Penyebaran Virus Selanjutnya

- 21 Maret 2023, 16:10 WIB
"Kita perlu bersiap untuk memerangi wabah penyakit seperti kita bersiap untuk memadamkan kebakaran,"
"Kita perlu bersiap untuk memerangi wabah penyakit seperti kita bersiap untuk memadamkan kebakaran," /

EDITORNEWS.ID - Mencegah pandemi lain seperti Covid-19 membutuhkan pembentukan jaringan respons planet yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia, miliarder Bill Gates berpendapat. Dia menambahkan bahwa para ahli yang diakui dan pejabat kesehatan masyarakat nasional harus memimpin upaya ini.

"Kita perlu bersiap untuk memerangi wabah penyakit seperti kita bersiap untuk memadamkan kebakaran," tulis Gates dalam artikel opini New York Times yang diterbitkan pada hari Minggu, 19 Maret 2023.

Dia mendukung upaya WHO untuk menciptakan jaringan "pemimpin darurat kesehatan teratas," yang disebut Korps Darurat Kesehatan Global.

Ini adalah "korps profesional dari setiap negara," yang perlu didanai dengan baik dan dapat dikerahkan sebagai tanggapan terhadap "ancaman transnasional," tulis Gates.

Baca Juga: Tidak Semua Orang Tahu, Inilah Daftar Tempat Rekomendasi Sate Terbaik yang Ada di Bandung

Organisasi semacam itu diusulkan dalam bukunya tahun 2022, 'Bagaimana Mencegah Pandemi Berikutnya', meskipun Gates menyebutnya Global Epidemic Response and Mobilization (GERM) dan menentukan ukuran dan pendanaannya pada 3.000 orang dan tambahan 1 miliar dollar dalam anggaran WHO.

"Agar berhasil, Korps Darurat harus membangun jaringan ahli yang dipimpin oleh orang-orang seperti kepala badan kesehatan masyarakat nasional dan pemimpin mereka untuk respons epidemi," Gates bersikeras, meskipun lembaga kesehatan masyarakat bertanggung jawab atas respons Covid-19 yang dia sendiri gambarkan tidak memadai.

Menurut Gates, pandemi 2020 adalah "kegagalan kolektif untuk menghadapi pandemi, meskipun banyak peringatan." Yayasannya sendiri menyelenggarakan latihan kesiapsiagaan pandemi pada Oktober 2019, dijuluki 'Event 201' dan membahas virus corona baru yang mendunia.

Universitas Johns Hopkins, yang menjadi tuan rumah bersama acara tersebut, kemudian dipaksa untuk mengklarifikasi bahwa latihan itu tidak ada hubungannya dengan pandemi virus corona yang sebenarnya.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x