Singapura Menyesali Kurangnya Respon Perdamaian Bersama PBB dan ASEAN tentang Myanmar

- 18 Maret 2023, 19:32 WIB
ia akan bekerja dengan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya
ia akan bekerja dengan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya /

EDITORNEWS.ID - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan pada hari Kamis, 16 Maret 2023, bahwa ia akan bekerja dengan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Serta mitra seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa akan ikut mendorong dan membujuk penguasa militer Myanmar untuk menerapkan rencana perdamaian.

Dia memberikan keputusan dan pernyataan setelah bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo yang telah berkunjung ke Singapura.

Ia juga mengutuk kekerasan dan kerusuhan sejak kudeta pada Februari 2021, yang menjungkirbalikkan satu dekade reformasi demokrasi di Myanmar.

"Singapura akan terus bekerja dengan Indonesia dan anggota ASEAN, ditambah mitra ASEAN seperti PBB.

Baca Juga: Menyoroti Pelanggaran Turis di Bali: Larangan Sewa Sepeda Motor yang Diusulkan Menjadi Kontroversi

Menambahkan, "mereka juga akan mendorong implementasi penuh dari konsensus lima poin," katanya, merujuk pada rencana perdamaian, yang disetujui oleh jenderal top Myanmar dengan ASEAN.

Indonesia saat ini mengetuai blok ASEAN yang beranggotakan 10 negara. Selain itu, Singapura dan Indonesia akan bekerja sama dalam mengembangkan energi terbarukan, demikian yang diumumkan para pemimpin mereka.

Perjanjian tersebut merupakan salah satu dari beberapa nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua negara, termasuk Singapura berbagi pengetahuan yang dapat mendukung pengembangan ibu kota baru Indonesia Nusantara.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x