Angkatan Laut AS Meluncurkan Laser Ruang Angkasa yang Mentransmisikan Energi Matahari

- 18 Maret 2023, 18:12 WIB
Peluncuran dilakukan oleh SpaceX atas nama NASA dan Departemen Pertahanan
Peluncuran dilakukan oleh SpaceX atas nama NASA dan Departemen Pertahanan /

EDITORNEWS.ID - Laboratorium Penelitian Angkatan Laut AS meluncurkan tenaga laser ke luar angkasa pada hari Rabu, 15 Maret 2023, meskipun teknologi ini masih dalam masa pengembangan.

Space Wireless Energy Laser Link (SWELL) diluncurkan untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional di atas pesawat ruang angkasa SpaceX Cargo Dragon pada hari Rabu, 15 Maret 2023, menurut pernyataan dari Angkatan Laut dan Angkatan Luar Angkasa AS.

Peluncuran dilakukan oleh SpaceX atas nama NASA dan Departemen Pertahanan, dengan kendaraan Dragon membawa tujuh perangkat eksperimental lainnya ke stasiun luar angkasa untuk Pentagon.

Dalam pengembangan sejak tahun lalu, SWELL mengirimkan energi yang dipanen dari panel surya berbasis ruang angkasa ke bumi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.

Perangkat serupa saat ini sedang dirancang oleh perusahaan swasta, meskipun teknologinya belum diuji di luar angkasa.

Baca Juga: PLTN AS Akui Kebocoran Radioaktif dan Tumpahan Air Tritium Setelah Mengajukan Perpanjangan Lisensi

"Ini adalah langkah selanjutnya dalam memperluas kemampuan untuk aplikasi luar angkasa, bulan dan planet," kata Manajer Program SWELL Chris DePuma dalam sebuah pernyataan.

DePuma meramalkan bahwa teknologi tersebut suatu hari nanti bisa menjadi "enabler kritis" dari pemukiman bertenaga di bulan dan di tempat lain.

"Power beaming juga dapat digunakan untuk mendistribusikan daya untuk dan di sekitar bumi, termasuk dari satelit yang mengumpulkan energi matahari di luar angkasa," tambahnya.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x