PLTN AS Akui Kebocoran Radioaktif dan Tumpahan Air Tritium Setelah Mengajukan Perpanjangan Lisensi

- 18 Maret 2023, 07:53 WIB
pembangkit listrik tenaga nuklir di dekat Minneapolis telah mengalami tumpahan air radioaktif
pembangkit listrik tenaga nuklir di dekat Minneapolis telah mengalami tumpahan air radioaktif /

EDITORNEWS.ID - Pihak berwenang di negara bagian Minnesota di AS utara mengungkapkan pada hari Kamis, 16 Maret 2023, bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir di dekat Minneapolis telah mengalami tumpahan air radioaktif yang berjumlah lebih dari 1,5 juta liter.

Xcel Energy yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Monticello, sedang bekerja untuk membersihkan tumpahan dan bersikeras bahwa tidak ada bahaya bagi masyarakat umum.

Badan Pengendalian Polusi Minnesota (MPCA) mengatakan bahwa sekitar 400.000 galon air tritiated bocor dari pipa yang rusak di fasilitas tersebut.

Kebocoran pertama kali ditemukan pada 22 November, dan sumbernya ditemukan pada 19 Desember dan ditambal "segera setelah itu."

Baca Juga: Novel Grafis K-pop Pertama yang Menggunakan Kekayaan Intelektual Akan Dirilis Bulan Juli

Pihak berwenang memutuskan untuk membuat publik tidak tahu apa-apa tentang insiden tersebut.

Sementara Xcel Energy dan negara "secara aktif mengelola" situasi untuk mencegah gumpalan bawah tanah air yang disinari menyebar ke Sungai Mississippi di dekatnya, asisten komisaris MPCA Kirk Koudelka mengatakan kepada Minneapolis Star-Tribune.

"Sekarang kami memiliki semua informasi tentang di mana kebocoran itu terjadi, berapa banyak yang dilepaskan ke air tanah, dan air tanah yang terkontaminasi telah bergerak melampaui lokasi aslinya, kami membagikan informasi ini," tambah juru bicara MPCA Michael Rafferty pada Kamis, 16 Maret 2023.

"Ini tidak menghadirkan masalah kesehatan masyarakat atau air minum," kata Christopher Clark, presiden Xcel untuk Minnesota.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x