Gempa Paling Kuat di Turki dan Suriah Menewaskan Lebih Dari 1.400 Orang Menyebabkan Getaran Hingga Greenland

- 6 Februari 2023, 20:27 WIB
Turki gempa M 7,8
Turki gempa M 7,8 /

 

  EDITORNEWS.ID - Getaran yang berkekuatan 7,8 magnitudo, diikuti beberapa jam kemudian oleh gempa susulan yang sedikit lebih kecil.

Bencana ini memusnahkan seluruh bagian kota-kota besar Turki di wilayah yang dipenuhi jutaan orang yang telah melarikan diri dari perang saudara di Suriah dan konflik lainnya.

Badai salju musim dingin menjadi penghambat untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.

Para pejabat mengatakan gempa itu membuat tiga bandara utama di daerah itu tidak dapat dioperasikan, semakin mempersulit pengiriman bantuan.

Baca Juga: Direktur Pelaksana IMF, Menteri keuangan China dan Gubernur Bank Sentral Akan Menghadiri Meja Bundar Utang Di

Erdogan menyampaikan simpatinya dan mendesak persatuan nasional, dengan mengatakan "Kami berharap bahwa kami akan melewati bencana ini bersama-sama sesegera mungkin dan dengan kerusakan paling sedikit".

Gempa pertama terjadi pada pukul 4.17 pagi waktu setempat di kedalaman sekitar 17,9 km dekat kota Gaziantep, Turki, yang merupakan rumah bagi sekitar 2 juta orang, kata Survei Geologi AS.

Lebih mendebarkan sebab Lembaga geologi Denmark juga memberikan keterangan bahwa getaran gempa dirasakan sejauh Greenland.

Osama Abdel Hamid, seorang penyintas gempa Suriah, mengatakan keluarganya sedang tidur ketika guncangan dimulai.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x