Terkait Laut China Selatan, Indonesia Akan Dialog Dari Hati Ke Hati Dengan China dan Negara-Negara Asia Tengga

- 6 Februari 2023, 20:05 WIB
Terkait Laut China Selatan
Terkait Laut China Selatan /

EDITORNEWS.ID - Di tengah meningkatnya ketegangan di jalur perairan strategis, menlu

Retno berbicara di Jakarta pada penutupan pertemuan antara menteri luar negeri dari Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), blok regional beranggotakan 10 negara yang diketuai Indonesia tahun ini.

"Adapun pandangan ASEAN terhadap Indo-Pasifik merupakan inti dari diskusi tersebut," ungkapnya. "Kami juga membahas tentang Code Of Conduct (COC), komitmen anggota untuk menyelesaikan negosiasi COC sesegera mungkin."

Negosiasi tentang COC merupakan kerangka kerja yang diusulkan untuk membantu mengatasi sengketa teritorial dan maritim di jalur perairan—telah terhenti selama bertahun-tahun karena beberapa negara anggota memprioritaskan hubungan bilateral dengan Tiongkok daripada konsensus regional.

Baca Juga: China Tetap Bersikap Tenang Setelah Mendapatkan Sorotan Dari AS Terkait Dugaan Balon Mata-Mata

Sebagai langkah strategis maka indonesia sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah putaran negosiasi tentang COC tahun ini, yang pertama terjadi pada bulan Maret, kata Retno.

China mengklaim yurisdiksi atas hampir seluruh Laut China Selatan berdasarkan "sembilan garis putus-putus" berbentuk U, batas yang ditemukan tidak memiliki dasar hukum oleh Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag pada tahun 2016.

Awal pekan ini, Filipina memberi Amerika Serikat akses yang lebih besar ke pangkalan militernya, sebagian karena klaim luas Beijing di wilayah maritim yang kaya sumber daya itu.

Bahkan beberapa anggota ASEAN Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei semuanya memiliki klaim yang tumpang tindih dengan Tiongkok di jalur perairan strategis itu.

Baca Juga: Buku Terbaru Seni Hidup Bahagia Orang Korea Telah Terbit Dengan Judul The Korean Book of Happiness

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x