5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memutus Rantai Generasi Sandwich!

- 26 Mei 2023, 19:38 WIB
Generasi Sandwich
Generasi Sandwich /editornews.id/

EDITORNEWS.ID - Generasi sandwich merupakan generasi orang dewasa yang harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya. Istilah ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1981 oleh seorang Profesor sekaligus direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat bernama Dorothy A. Miller.

Dilangsir pada sikapi uangmu faktor yang melatarbelakangi ini terjadi karena kegagalan finansial orang tua. Bukan maksud menyalahkan sepenuhnya, tapi orang tua yang tidak memiliki perencanaan finansial yang baik untuk masa tuanya akan berpotensi besar untuk membuat sang anak menjadi generasi sandwich berikutnya.

Dan selanjutnya sang anak akan mengikuti jejak orang tuanya kelak sebagai orang tua yang tidak mandiri di masa tuanya, dan pada akhirnya berlanjut begitu seterusnya.

Memutus rantai generasi sandwich bukanlah hal mudah yang dapat dilakukan begitu saja. Perlu konsistensi dan usaha yang lebih besar untuk dilakukan.

Baca Juga: Mengenal Tren Skinimalism pada Penggunaan Skin Care di Tahun 2023

Tak perlu untuk merasakannya terlebih dahulu. Bagi kamu yang saat ini beruntung karena belum berada di posisi ini, maka tak ada salahnya untuk mengikuti 5 langkah ini agar kamu dan generasi selanjutnya tidak lagi merasakan beban berat ini.

1. Melek dengan Ilmu Manajemen Finansial

Bisa kamu pelajari sejak kamu mulai menyadari bahwa posisi kamu seperti sandwich. Dibebankan dengan generasi-generasi lain yang ada dikeluargamu. Dengan kamu memiliki ilmu tentang finansial, kamu bisa mengatur keuanganmu. Tidak ada kata terlambat.

2. Kurangi Gaya Hidup yang Konsumtif

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x