Trik Kesehatan!, Gagal BAB Lancar? Jangan Cepat Gunakan Obat Sebelum Lakukan Ini

- 4 Juni 2022, 20:27 WIB
Sembelit/instagram @sehat
Sembelit/instagram @sehat /

EDITORNEWS.ID - Sembelit atau konstipasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pola makan yang buruk, kurang serat, kurang cairan, pengaruh obat-obatan, dan penyakit kronis.

Akibatnya, konsumsi obat pencahar jadi pilihan setiap kali pencernaan membutuhkan padahal kebiasaan mengkonsumsi obat pencahar bukanlah cara yang baik.

Obat pencahar menciptakan efek ketergantungan yang membuat tubuh lebih sulit lagi melakukan proses pembuangan secara alami jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan, penderita konstipasi harus lebih selektif dalam memilih makanan dan mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Baca Juga: Meski Gendutan, Gunakan Trik Auto Langsing Ini Saat Difoto dan Minder Hilang Seketika

1. Perbanyak makan buah dan sayur.

Mengkonsumsi dua makanan ini dalam jumlah banyak akan membantu pencernaan mengolah makanan yang masuk, dan memperlancar proses pembuangan yang tertunda.

Beberapa buah yang bisa dipilih seperti, apel, pir, pepaya, jeruk, kiwi, dan semangka untuk sayur lebih banyak mengkonsumsi sayuran hijau yang direbus atau dikukus agar mendapat manfaat yang lebih maksimal.

2. Konsumsi Ubi Manis

Ubi manis cocok untuk penderita sembelit karena kandungannya yang mirip seperti kentang yang kaya serat dan rendah glikemik.

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x