Pecinta Kopi dan Teh Harus Tau Manfaat dan Efek Samping Kandungan Kafein

- 17 Januari 2022, 14:23 WIB
Kopi dan Umur Panjang: Apakah Peminum Kopi Bisa Hidup Lebih Lama?
Kopi dan Umur Panjang: Apakah Peminum Kopi Bisa Hidup Lebih Lama? /Unsplash/ Michael C/

EDITORNEWS.ID - Hampir setiap orang bergantungan dengan kafein, dimana kafein berasal dari secangkir kopi dan teh hangat dan kakao.

Mengkonsumsi kafein memang memberikan dampak positif seperti menambah imunitas tubuh, namun jika terlalu banyak berbahaya.

Kafein merupakan senyawa alkaloid xantina berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan.

Kafein ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman, Friedrich Ferdinand Runge, pada tahun 1819.

Baca Juga: Pahami Kelima Kandungan Obat Untuk Masalah Jerawat

Kafein paling banyak ditemukan pada tanaman teh, kopi, dan kakao mereka bekerja dengan menstimulasi otak dan sistem saraf pusat sehingga mencegah timbulnya kelelahan.

Melansir dari Healthline minuman ringan berkafein memasuki pasar pada akhir 1800-an dan minuman berenergi segera menyusul.

Saat ini, 80 persen populasi dunia mengonsumsi produk berkafein setiap hari, dan jumlah ini meningkat hingga 90 persen untuk orang dewasa di Amerika Utara.

Setelah dikonsumsi, kafein dengan cepat diserap dari usus ke aliran darah bergerak ke hati dan pecah menjadi senyawa yang dapat memengaruhi fungsi berbagai organ.

Baca Juga: 3 Jenis Sayuran yang Bisa turun Berat Badan di Musim Panas

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x