BTS Dikecam Karena Skandal Plagiarisme Lirik Masa Lalu, “Mereka Tidak Punya Hati Nurani”

- 29 Mei 2024, 11:24 WIB
BTS
BTS /Meri/

EDITORNEWS.ID_ Pada 28 Mei, sebuah topik berjudul "dosa HYBE termasuk plagiarisme BTS" diterbitkan di forum Korea "theqoo" dan menarik perhatian besar.

Menurut topik yang dimaksud, berbagai lirik rap yang ditulis oleh member BTS RM, j-hope, dan Suga sebenarnya dijiplak dari sejumlah besar artis, termasuk Drake, E-Sens, DOK2, YOU, SoNyeoRadio, Kim Gaeri, Gaeko, Yankee, Swings dan BIGBANG's TOP.

Menanggapi tuduhan ini, pada tahun 2014, akun Twitter (X) resmi BTS, telah membantah skandal plagiarisme itu sendiri dengan sebuah Tweet yang mengatakan,

“Kami selalu serius tentang musik dan berencana untuk terus melakukannya di masa depan. Harap percaya dan terus mengawasi kami, dan kami akan memberikan semua musik bagus yang diinginkan hati Anda”.

Baca Juga: HYBE Mencoba Memanipulasi Orang Tua NewJeans ?

Meskipun demikian, BTS akhirnya mengakui skandal plagiarisme lirik pada tahun 2015, menurut artikel yang dikutip dalam topik.

Namun, pada tahun 2018, sebuah VCR konser BTS melukiskan boygroup tersebut sebagai korban tuduhan palsu, memanipulasi penggemar untuk berpikir bahwa BTS tidak pernah melakukan kesalahan.

Menarik kesimpulan mereka dari urutan peristiwa ini, penulis topik mengatakan, “(VCR) menunjukkan akronim untuk 'Plagiarisme Boys' dan 'Manipulasi Bagan'.

Pada saat itu, komunitas ini (theqoo) dipenuhi dengan orang-orang yang mengatakan bahwa, meskipun tuduhan manipulasi grafik itu salah, BTS telah mengakui tuduhan plagiarisme. Sekarang setelah saya memikirkannya, tidak mungkin Big Hit (HYBE asli) tidak mengetahui putusan atas tuduhan manipulasi grafik dan bahwa pemimpin kelompok mereka telah meminta maaf (untuk plagiarisme).

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah