Noonoo TV Meresahkan: Badan Kepolisian Metropolitan Korea Selatan Menyelidiki Situs Streaming Ilegal

- 20 Maret 2023, 20:54 WIB
Netflix, Wavve, Tving, Coupang Play dan platform streaming video over-the-top (OTT) lainnya mengalami kerugian
Netflix, Wavve, Tving, Coupang Play dan platform streaming video over-the-top (OTT) lainnya mengalami kerugian /

EDITORNEWS.ID - Netflix, Wavve, Tving, Coupang Play dan platform streaming video over-the-top (OTT) lainnya mengalami kerugian karena situs streaming ilegal, Noonoo TV, karena konten berbayar dapat dengan mudah dilihat secara gratis hanya dengan beberapa klik, menurut pejabat industri, Senin, 20 Maret 2023.

Mengklaim bahwa mereka telah kehilangan sekitar 4,9 triliun won ($ 3,7 miliar) karena situs streaming ilegal, penyedia layanan streaming, penyiar dan organisasi lain di industri media membentuk aliansi dan mengajukan pengaduan pidana terhadap Noonoo TV pada 9 Maret.

Seorang pejabat di industri OTT mengatakan bahwa mereka berkomunikasi erat dengan lembaga penyiaran, perusahaan telekomunikasi, dan pemerintah untuk membasmi situs web ilegal tersebut.

"Situs ilegal tersebut diketahui beroperasi di Republik Dominika. Bahkan jika perusahaan telekomunikasi memblokir alamat layanan ini, server mereka tidak hilang, yang berarti mereka dapat terus menyediakan layanan ilegal ini hanya dengan mengubah alamat mereka."

Baca Juga: Tidak Semua Orang Tahu, Inilah Daftar Tempat Rekomendasi Sate Terbaik yang Ada di Bandung

Seorang juru bicara salah satu penyedia OTT lokal mengatakan dengan syarat anonimitas. "Operator layanan ilegal ini harus ditangkap melalui penyelidikan polisi, jadi kami saat ini sedang mengawasi perkembangan penyelidikan."

Noonoo TV diketahui telah memulai layanan streamingnya pada tahun 2021. Situs ini mengalirkan film, drama, dan animasi secara gratis, dan menghasilkan keuntungan dengan mengiklankan situs perjudian ilegal. Situs ini memiliki sekitar 1.5 miliar tampilan dengan sekitar 10 juta pengguna bulanan.

Jumlah pengguna meningkat, memuncak pada 10 Maret ketika bagian kedua dari drama populer Netflix "The Glory" keluar.

Pesan online diposting mengarahkan orang untuk menontonnya secara gratis di Noonoo TV, dan beberapa posting bahkan menyebutkan situs streaming ilegal alamat situs web, sehingga dapat ditemukan dengan mudah secara online.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x