Inflasi Polandia Tertinggi Sejak Pertengahan 1990-an Menyusul Melonjaknya Biaya Rumah Tangga

- 18 Maret 2023, 18:18 WIB
Inflasi tahunan di Polandia meningkat pada bulan Februari ke level tertinggi sejak 1996
Inflasi tahunan di Polandia meningkat pada bulan Februari ke level tertinggi sejak 1996 /

EDITORNEWS.ID - Inflasi tahunan di Polandia meningkat pada bulan Februari ke level tertinggi sejak 1996, data yang dirilis oleh layanan statistik nasional GUS menunjukkan pada hari Rabu, 15 Maret 2023.

Harga konsumen naik 18,4 persen dari tahun ke tahun pada Februari, naik dari 16,6 persen, yang tercatat pada bulan sebelumnya.

Para ekonom memperkirakan bahwa lonjakan terbaru akan menandai puncak siklus saat ini dalam sejarah inflasi di Polandia.

Tetapi, konsumen Polandia mengatakan mereka berjuang untuk membayar tagihan rumah tangga dan membeli bahan makanan pokok.

Baca Juga: Angkatan Laut AS Meluncurkan Laser Ruang Angkasa yang Mentransmisikan Energi Matahari

Angka-angka menunjukkan bahwa data pada Februari melampaui data tertinggi sebelumnya sebesar 17,9 persen, yang tercatat pada Oktober 2022, dengan harga makanan, transportasi dan biaya energi naik tercepat bulan lalu.

Harga makanan dan minuman non-alkohol mengalami kenaikan tahunan paling signifikan pada bulan Februari hingga 27 persen, dibandingkan dengan 26,6 persen pada bulan Januari.

Juga diketahui bahwa ekonomi Polandia melambat pada tahun 2022 di tengah inflasi yang melonjak.

Dan penurunan pengeluaran konsumen, yang disebabkan oleh konflik di negara tetangga Ukraina dan dampak sanksi terhadap Rusia.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x