Bank Indonesia Akan Pertahankan Suku Bunga Stabil di Level 5,75 Persen Sepanjang Tahun 2023

- 14 Maret 2023, 19:44 WIB
Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuannya di 5,75 persen
Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuannya di 5,75 persen /

EDITORNEWS.ID - Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuannya di 5,75 persen pada hari Kamis, 9 Maret 2023, dan untuk sisa tahun ini.

Menunjukkan siklus pengetatan terpanjang dalam catatan hampir pasti berakhir, meskipun inflasi tetap tinggi, sebuah jajak pendapat Reuters dari para ekonom memperkirakan.

Setelah enam kenaikan berturut-turut sejak Agustus 2022, bank sentral berhenti bulan lalu dan menekankan level saat ini harus cukup untuk memandu inflasi kembali ke kisaran target 2 persen hingga 4 persen.

Inflasi di ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu mencapai level tertinggi tujuh tahun sebesar 5,95 persen pada September yang didorong oleh harga makanan dan energi yang bergejolak, tetapi sejak itu tergelincir menjadi 5,47 persen pada Februari.

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bikin Boros Listrik, Lupa Matiin Lampu

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan inflasi inti yang dilucuti dari komponen volatile melemah lebih cepat dari perkiraan setelah mencapai puncaknya pada Desember sehingga tidak perlu ada kenaikan lagi.

Dia mengatakan Bank Dunia menargetkan inflasi IHK dalam kisaran target pada akhir 2023.

Semua 30 ekonom dalam jajak pendapat Reuters 8-13 Maret memperkirakan bank sentral akan menahan suku bunga acuan tujuh hari reverse repurchase rate pada 5,75 persen pada pertemuannya pada hari Kamis.

Perkiraan median dalam jajak pendapat menunjukkan suku bunga kebijakan akan tetap pada level itu untuk sisa tahun 2023.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x