NTT Dikejutkan oleh Letusan Gunung lli Lewolotok dan Membikin Para Warga Jadi Panik

- 26 Maret 2023, 06:36 WIB
Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus
Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus /

EDITORNEWS.ID - Gunung Ili Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus pada hari Jumat, 25 Maret 2023, mengeluarkan menara asap dan abu hampir satu kilometer ke langit dan mendorong pihak berwenang untuk memberlakukan zona larangan pergi di daerah tersebut.

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau kerusakan akibat letusan tersebut, yang mengirimkan menara asap vulkanik setinggi 700 meter (0,4 mil) di bagian terpencil negara kepulauan Asia Tenggara.

Tetapi, pihak berwenang memberlakukan zona pengecualian dua kilometer di sekitar kawah di provinsi Nusa Tenggara Timur dan menyarankan penduduk terdekat untuk mengenakan masker untuk menghindari masalah pernapasan, kata Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Sugeng Mujiyanto, kepala badan geologi negara memperingatkan warga dalam sebuah pernyataan untuk waspada terhadap "potensi bahaya dari aliran lava dan awan panas".

Letusan besar terakhir gunung berapi tersebut terjadi pada akhir 2020, memicu peringatan penerbangan dan menutup bandara setempat sementara ribuan orang terpaksa melarikan diri dari rumah mereka.

Baca Juga: Sebagai Tanggapan Atas Serangan Drone Mematikan, Iran Memperingatkan Bahwa Akan Ada Pembalasan

Status siaga Ili Lewotolok tetap pada level tertinggi ketiga setelah letusan Jumat, 25 Maret 2023, dan pihak berwenang belum memerintahkan evakuasi apa pun.

Indonesia adalah rumah bagi sekitar 130 gunung berapi aktif karena posisinya di "Cincin Api", sabuk batas lempeng tektonik yang mengelilingi Samudra Pasifik di mana aktivitas seismik sering terjadi.

Pada akhir 2018, sebuah gunung berapi di selat antara pulau Jawa dan Sumatera meletus, menyebabkan tanah longsor bawah laut yang melepaskan tsunami yang menewaskan lebih dari 400 orang.***

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x