Rumah di Bogor Rusak Terdampak Guncangan Gempa Sukabumi

- 8 Desember 2022, 12:16 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia maju, tinjau rumah untuk warga korban gempa Cianjur, di desa Sirnagalih Cilaku Kabupaten Cianjur, Senin, 5 Desember 2022/Instagram@jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia maju, tinjau rumah untuk warga korban gempa Cianjur, di desa Sirnagalih Cilaku Kabupaten Cianjur, Senin, 5 Desember 2022/Instagram@jokowi /In

EDITORNEWS.ID – Satu unit rumah di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, rusak terdampak gempa Sukabumi. Rumah tersebut rusak tergerus tanah longsor lantaran guncangan gempa Sukabumi.

Belum diketahui pasti dampak kerusakan pada rumah tersebut. Sementara untuk wilayah lainnya di Kabupaten, Bogor belum ada laporan dampak lainnya.

"Laporan sementara satu rumah, lagi diassesment. Lumayan parah. Longsor sih intinya. Wilayah lain mudah-mudahan tidak ada," kata Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Jalaludin, Kamis (8/12).

Gempa dengan magnitudo 5,8 di Kota Sukabumi memang cukup terasa terutama yang berada di dalam bangunan. Para personel BPBD Kabupaten Bogor pun sempat berhamburan ke luar ketika gempa terjadi.

Baca Juga: Kakek 65 Tahun di Merangin Tega Perkosa Teman Cucunya saat Main ke Rumah

"Iya tadi (cukup terasa), tadi di kantor yang di lantai 2 pada kabur semua. Kebetulan saya lagi apel pagi serah terima piket jadi gak kerasa," ujarnya.
`
Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa magnitudo 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) bukan gempa megathrust. Seperti diketahui gempa di Sukabumi terjadi pagi ini, tepat pukul 07.50 WIB.

"Bukan gempa kerak dangkal Cianjur bukan juga gempa megathrust," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono melalui akun Twitternya, Kamis (8/12).

Getaran gempa magnitudo 5,8 di Sukabumi ini terasa kencang di Jakarta. Daryono pun memberi analisis terkait guncangan gempa Sukabumi yang terasa lebih kuat.

Baca Juga: Di Kisaran, 2 Kilo Sabu, 122 Gram Ganja dan 72 HP sebagai Barang Bukti Kejahatan Dimusnahkan

"Ini gempa dalam lempeng Indo-Australia atau gempa benioff. Ground motionnya memang lebih kuat dari gempa sekelasnya dari sumber lain," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Sylvia Hendrayanti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x