10 Makanan yang Bisa Bikin Tahan Lapar Saat Puasa, Cocok untuk Dikonsumsi Saat Sahur

- 26 Maret 2023, 13:56 WIB
Makanan yang bisa bikin tahan lapar saat puasa
Makanan yang bisa bikin tahan lapar saat puasa /

EDITORNEWS.ID - Selama menjalani ibadah puasa tentunya kita memerlukan asupan yang baik agar tidak lapar di tengah hari. Untuk itu, kita harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur adalah makanan yang membuat kita bisa tahan lapar hingga waktu berbuka.

Dilansir Editornews.id melalui YouTube Fakta Populer, berikut ini makanan yang bisa bikin tahan lapar saat puasa, diantaranya:

1. Nasi Merah
Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih, mie instan, atau pasta. Dengan mengonsumsi nasi merah saat sahur kita bisa tahan lapar hingga waktu berbuka. Pasalnya dengan mengonsumsi banyak serat dan indeks glikemik yang rendah membuat proses penyerapan zat gizi menjadi lebih lama sehingga kita tidak mudah lapar.

2. Sup Sayur
Sup sayur yang isinya cukup ramai dan berwarna bisa membuat kamu lebih kenyang karena kandungan nutrisi yang sudah kompleks. Selain itu sup sayur juga mengandung banyak mineral yang bisa membuat kenyang tahan lama. Sayuran yang bisa digunakan misalnya wortel, kentang, brokoli, atau bahkan kamu bisa menambahkan ikan salmon ke dalamnya.

Baca Juga: 4 Menu Sahur yang Bikin Langsing Ala Dewi Hughes, Yuk Diet Selama Puasa

3. Ikan
Ikan sangat kaya akan protein sehingga cocok untuk menu saat sahur. Sebaiknya, ikan tidak digoreng karena akan menambah lemak. Sebagai gantinya, kamu bisa membuat ikan pepes atau sup. Hasil penelitian mengatakan bahwa ikan yang mengandung protein tinggi bisa membuat rasa kenyang lebih lama.

4. Telur
Mengonsumsi telur saat sahur bisa menjadi salah satu ide yang cukup baik agar bisa membantu menunda lapar hingga waktu berbuka. Telur merupakan makanan sehat yang praktis untuk memenuhi kebutuhan energi saat puasa. Pasalnya, telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

5. Oatmeal
Oatmeal atau sereal bisa menjadi makanan praktis yang bisa kamu konsumsi saat sahur. Oatmeal memiliki kandungan serat lebih banyak sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Cara terbaik mengonsumi oatmeal adalah dengan ditambah susu cair. Perpaduan susu dan oatmeal akan membuat kamu tahan lapar lebih lama karena sudah mencukup kebutuhan protein harian.

6. Alpukat
Semangkuk alpukat atau satu gelas alpukat murni saat sahur juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa lapar di siang hari. Alpukat mengandung banyak serat dan memiliki waktu yang cukup lama untuk dicerna sehingga tidak membuat kamu mudah lapar. Selain itu, lemak baik ini akan membuat perut lebih cepat kenyang.

Baca Juga: Larangan Bukber Bagi Pegawai Negeri Memicu Protes Publik dan Sentimen dari Kelompok Anti Pemerintah

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x