Langsung Hukuman Mati: Tidak Ada Ampun Bagi Pecinta Sesama Jenis di Negara Afrika

- 23 Maret 2023, 09:44 WIB
Parlemen Uganda telah memberikan suara yang sangat mendukung RUU yang menjadikan tindakan homoseksual tertentu sebagai kejahatan besar
Parlemen Uganda telah memberikan suara yang sangat mendukung RUU yang menjadikan tindakan homoseksual tertentu sebagai kejahatan besar /

EDITORNEWS.ID - Sebuah RUU kontroversial telah disahkan parlemen Uganda yang menjadikan 'homoseksualitas yang diperparah' sebagai pelanggaran berat.

Parlemen Uganda telah memberikan suara yang sangat mendukung RUU yang menjadikan tindakan homoseksual tertentu sebagai kejahatan besar.

Langkah tersebut sekarang telah dikirim ke Presiden Yoweri Museveni, yang diperkirakan akan menandatanganinya, meskipun ada oposisi asing yang vokal.

Semua kecuali dua dari 389 anggota parlemen negara tersebut memberikan dukungan mereka untuk tindakan tersebut selama sesi legislatif pada Selasa malam, 21 Maret 2023.

RUU tersebut memberlakukan hukuman mati untuk "homoseksualitas yang diperburuk" serta penjara seumur hidup untuk "perekrutan, promosi, dan pendanaan" dari "kegiatan" homoseksual.

Baca Juga: Dapat Menimbulkan Ketegangan: Negara Pasifik Sangat Prihatin atas Kesepakatan Pelabuhan Tiongkok

Fox Odoi-Oyelowo, salah satu dari dua legislator yang menentang langkah tersebut, menggambarkannya sebagai "salah dipahami" dengan ketentuan "inkonstitusional" dalam komentar yang dikutip dari The Guardian.

Tidak hanya tidak "memperkenalkan penambahan nilai apa pun" pada hukum yang ada, tetapi juga "membalikkan keuntungan yang terdaftar dalam perang melawan kekerasan berbasis gender dan mengkriminalisasi individu" di mana ia harus fokus pada "kontak yang bertentangan dengan semua norma hukum yang diketahui," kata anggota parlemen.

Sejumlah kelompok advokasi LGBTQ asing juga mengutuk tindakan tersebut, menyebutnya "undang-undang kebencian" dan "diskriminatif" dan bersumpah untuk melawannya.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x