Negara Eropa Was-Was dan Sangat Khawatir atas Pemutusan Gas Dari Rusia

- 21 Maret 2023, 21:35 WIB
Moldova dilaporkan mengirim seluruh volume gas yang diterimanya dari Rusia
Moldova dilaporkan mengirim seluruh volume gas yang diterimanya dari Rusia /

EDITORNEWS.ID - Moldova mengatakan bahwa raksasa energi Rusia Gazprom dapat sepenuhnya menghentikan pasokan gas ke negara tersebut "pada tahap tertentu," dan pemerintah sudah mempertimbangkan skenario seperti itu, Menteri Energi Viktor Parlikov mengatakan pada hari Senin, 20 Maret 2023.

Dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Vocea Basarabiei, ia mencatat bahwa dalam kasus seperti itu, Chisinau juga harus "berurusan dengan krisis energi di Transdnistria."

Moldova dilaporkan mengirim seluruh volume gas yang diterimanya dari Rusia ke pembangkit listrik tenaga air di wilayah Dniester di Transdnistria, wilayah pemerintahan sendiri yang memisahkan diri dan menerima listrik murah sebagai gantinya.

"Sekarang semua gas yang mencapai wilayah Dniester secara de facto gratis. Keuntungan dari situasi ini adalah kita membeli listrik dengan harga yang lebih baik daripada dengan biaya alternatifnya," katanya.

Parlikov memperingatkan dampak dari pemutusan kontrak dengan Gazprom. Pembangkit listrik domestik hanya dapat mencakup 20 persen dari permintaan listrik Moldova.

Baca Juga: Turki Masih Membutuhkan Bantuan Setelah Gempa Dahsyat yang Menewaskan Lebih Dari 50.000 Jiwa

Chisinau saat ini membeli listrik dengan harga $73 kilowatt-jam dari Transdnistria dibandingkan dengan $93 KWh untuk impor dari Rumania.

"Akan ada konsekuensi yang harus kita semua hadapi di bank yang tepat. Ada 250.000 orang yang tinggal di tepi kiri Dniester, kebanyakan dari mereka warga Moldova.

Mereka tidak akan pergi ke Moskow atau Ukraina, Kami juga harus menjaga mereka," tambah pejabat tersebut.

Halaman:

Editor: Aditya Ramadhan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x