Riset di Inggris Sebut Manusia Bisa Komunikasi dengan Kucing lewat Kedipan Mata

- 28 November 2022, 15:23 WIB
Ilustrasi, kucing dapat interaksi lewat kedipan mata
Ilustrasi, kucing dapat interaksi lewat kedipan mata /@ditjenpajakri

EDITORNEWS.ID - Sebuah penelitian mengungkap bahwa ternyata ada cara mudah berbicara dengan kucing. Disebutkan berkomunikasi dengan kucing dimungkinkan hanya lewat kedipan mata.

Tindakan mengedipkan mata secara perlahan membuat kucing, baik yang hewan peliharaan atau yang bukan bisa mendekati dan menerima manusia. Hal ini disampaikan oleh Psikolog Karen McComb dari University of Sussex di Inggris.

"Sebagai seseorang yang telah mempelajari perilaku hewan dan pemilik kucing, sangat bagus untuk dapat menunjukkan kucing dan manusia dapat berkomunikasi dengan cara ini," katanya, dikutip dari ScienceAlert.

Menurut Karen, kedipan mata sebenarnya mirip dengan ketika kucing mendapat kesenangan misal saat mereka diusap dan sebagainya. Biasanya kucing akan berkedip dan menutup sebagian matanya hingga menyipit.

Baca Juga: 3 Begal Bacok Pengendara Motor Korban Luka Sabetan Sajam di Jalan Raya CBL Kertamukti Cibitung

Karen mengungkapkan, itu merupakan ekspresi senyum si kucing. Bukti anekdotal dari pemilik kucing mengisyaratkan bahwa manusia dapat meniru ungkapan ini untuk menyampaikan kepada kucing jika kita ramah dan terbuka untuk berinteraksi.

Karen sendiri dengan tim psikolog merancang dua eksperimen untuk menentukan apakah kucing berperilaku berbeda terhadap manusia yang berkedip lambat. Dalam percobaan pertama, pemilik mengedipkan mata perlahan pada 21 kucing dari 14 rumah tangga yang berbeda.

Setelah kucing menetap dan nyaman di satu tempat di lingkungan rumah mereka. Pemilik diperintahkan untuk duduk sekitar satu meter dan berkedip lambat saat kucing melihat mereka.

Kamera merekam wajah pemilik dan wajah kucing, dan hasilnya menunjukkan, kucing lebih cenderung berkedip lambat pada manusia setelah manusia berkedip lambat pada mereka. Hal ini berbeda dengan kondisi tanpa interaksi.

Baca Juga: Netizen Silang Pendapat soal Gelar Besan di Kartu Undangan Kaesang

Halaman:

Editor: Liston


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x